PUSKESMAS TAJUNG PRIOK

dr. Pramono

dokter pelaksana layanan Napza

RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TANJUNG PRIOK

Berdasar UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika serta PP No 25 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Wajib Lapor Bagi Penyalahguna Narkoba, para pecandu dan penyalahguna narkotika diwajibkan lapor diri ke sejumlah institusi penerima wajib lapor (IPWL) yang telah ditentukan pemerintah, untuk menjalani rehabilitasi secara gratis.

Selain itu, katanya ada 225 tempat atau lembaga rehabilitasi lainnya yang merupakan swasta dan non pemerintah. Untuk di Jakarta sendiri, mengacu kepada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1305/Menkes/ SK/VI/2011 tentang Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) ada 18 institusi yang ditetapkan sebagai IPWL.

Dari 18 itu, 12 diantaranya adalah Puskesmas Kecamatan yang ada di Jakarta dan enam lainnya adalah 6 rumah sakit dan lembaga rehabilitasi pemerintah. Salah satunya adalah PKM Tanjung Priok yang termasuk IPWL di wilayah Jakarta Utara. Namun walaupun sudh IPWl dari kemkes namun tetap kami lakukan peningkatan kompetensi pada petugas layanan, agar dpat lebih optimal dalam melakukan layanan di PKM Tjg Priok.

Untuk klien yang melaporkan diri melakukan layanan rehab sudah sebanyak 5 orang yang terdaftar dan telah dirujuk ke klinik Pratama IPWL BNN Kota Jakarta Utara.

Jadi penyalahguna narkoba di Jakarta, bisa melakukan wajib lapor ke institusi ini untuk dilakukan rehab secara berkala ke klinik Pratama BNN Kota Jakarta Utara.